Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas Tanpa Batas

Munculnya tipografi atau ilmu tent ang huruf dimulai sejak manusia berusaha untuk mengungkapkan pesan-pesan yang ingin disampaikan ...

Seputar Huruf Dan Tipografi




Munculnya tipografi atau ilmu tent ang huruf dimulai sejak manusia berusaha untuk mengungkapkan pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain melalui tulisan. Bahasa tulis merupakan salah satu indikator yang membedakan antara masa aw al sejarah dan prasejarah. Bahasa tulis pada 35.000-4000 SM (Sebelum Masehi) masih berupa gambar atau lukisan, tapi mampu menjadi alat komunikasi suatu komunitas di zaman itu. (Sihombing, 2001). angsa M esir pada tahun 3 100 SM, memiliki peran besar dalam perkembangan bahasa tulis dengan penggunaan pictograph(simbol yang menggambarkan objek). Komunikasi dengan menggunakan pictograph berkembang hingga menjadi ideograph(simbol yang merepresentasikan gagasan). Lalu pada tahun 1300 SM , diperkenalkan  Alphabet Phoenician diawali dengan penggunaan simbol  yang dapat dibunyikan dan memiliki arti (phonograph). (Sihombing, 2001 ) Istilah alfabet (Alphabet) berasal dari singkatan 2 huruf pertama dalam sistem alfabet Y unani, yaitu  Alpha dan Beta. Pada masa itu, alfabet Latin yang dikenal sekarang (A-Z ) aw alnya ha nya berjumlah 21 huruf yaitu

 A, B , C, D, E, F , G, H , I , K, L , M , N , O , P, Q , R , S, T, V , X .
Pada perkembangan selanjutnya huruf Y dan Z dimasukkan untuk mengakomodasi kata dari bahasa Yunani. Selain itu ada tambahan huruf J, U dan W pada masa abad pertengahan, hingga jumlahnya genap menjadi 26 huruf seperti yang kita kenal dan digunakan hingga sekarang ini, yaitu:
ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Tipografi atau dalam bahasa Inggris  Typography (berasal dari bahasa Greek, kata typos artinya bentuk dan graphein artinya menulis) merupakan seni memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebaran pada ruangruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. (Zapft, 1969 )
Menurut Encyclopedia Americana, 1 9 7 2 definisi tipografi adalah: Typography, defined as the art of printing with type. “Also the style, arrangements, or appearance of printed matter”. Dari pengertian tersebut dapat memberikan penjelasan bahwa tipografi merupakan seni cetak mencetak huruf. Huruf dalam hal ini bukanlah sekedar huruf sebagai pembentuk kata atau kalimat, melainkan hurufsebagai unsur desain, bentuknya direncanakan sedemikian rupa sehingga memiliki gaya dan sifat tersendiri serta dapat menunjang penampilan desain secara keseluruhan.

0 coment�rios: