Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas Tanpa Batas

Estetika berasal dari bahasa   Yunani,   αισθητική, dibaca aisthetike. Kali pertama digunakan oleh filsuf Alexander Gottlieb Baumga...

ESTETIKA




Estetika berasal dari bahasa  Yunani,  αισθητική, dibaca aisthetike. Kali pertama digunakan oleh filsuf Alexander Gottlieb Baumgarten pada 1735 untuk pengertian ilmu tentang hal yang bisa dirasakan lewat perasaan.Estetika adalah  salah  satu  cabang filsafat.  Secara  sederhana,  estetika  adalah  ilmu  yang  membahas keindahan, bagaimana  ia  bisa  terbentuk,  dan  bagaimana  seseorang  bisa  merasakannya.  Pembahasan  lebih  lanjut  mengenai estetika  adalah  sebuah  filosofi  yang  mempelajari  nilai-nilai  sensoris,  yang  kadang  dianggap  sebagai  penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi  seni.
Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi.
Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.
Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.
Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah.
Mengapa mengenal estetika????
Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri
Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain itu mesti dipelajari
            Ketiga, mungkin dikira bahwa pengalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan pengujian dan penelitian mengenai kualitaskualitas karya seni dan desain itu Estetika merupakan pengetahuan yang mempelajari dan memahami melalui pengamatan hal ikhwal keindahan baik pada obyek maupun subyek atau pencipta dan pengamatan melalui proses kreatis dan fisolofis.
Pada masa kini estetika bisa berarti tiga hal, yaitu:
1.      Studi mengenai fenomena estetis
2.      Studi mengenai fenomena persepsi
Studi mengenai seni sebagai hasil pengalaman estetis

0 coment�rios: