Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas Tanpa Batas

Pada dasarnya seluruh warna yang ada di dunia diturunkan menjadi tiga warna   dasar,   atau   biasa   disebut   warna   primer.   D...

TEORI WARNA




Pada dasarnya seluruh warna yang ada di dunia diturunkan menjadi tiga warna  dasar,  atau  biasa  disebut  warna  primer.  Dari  warna  primer  ini dapat diperoleh kelompok warna lain, yaitu warna sekunder dan tersier Berikut macam-macam warna dari cara pembentukannya :



1. Warna Primer
Adalah warna yang menjadi dasar dari semua warna yang ada. Dengan mencampur dua di antara tiga warna primer akan diperoleh warna yang lain, atau yang disebut dengan warna sekunder.


2. Warna Sekunder
Adalah  warna  gabungan  dari  dua  warna  primer.  Warna  merah  bila  dicampur dengan  warna  kuning  akan  menghasilkan  warna  oranye.  kuning  dengan  biru menghasilkan warna hijau dan biru dengan merah menghasilkan warna ungu.


3. Warna Tersier
Adalah warna yang diperoleh dari perpaduan antara warna primer dan sekunder.
  Warna satu adalah perpaduan antara merah dan oranye,
  warna dua gabungan kuning dengan orange,
  warna tiga dari kuning dengan hijau,
 warna empat dari biru dan hijau,
  warna lima dari biru dan ungu,
  warna enam dan ungu dan merah.


4. Hue
Salah satu karakter warna adalah warna hue. Singkatnya, hue adalah nama dari  warna.  Hue  adalah  nama  warna  yang  untuk  merah,  hijau,  biru  laut, oranye, ungu, lavender, b  iru kehijau-hijauan. Hue adalah  beberapa  warna absolut dari pelangi


5. Saturation
Saturation adalah ukuran warna yang sangat murni dan cemerlang. Di proses
warna subtractive, seperti CYMK, terlebih bila di mencampur warna kurang
murni, akan diperoleh warna saturation, karena warna kelihatan pudar


6. Shade
Term value dan brightness merujuk pada cahaya atau kualitas kegelapan
warna. Warna gelap (shades) adalah value yang rendah
.


7. Tint
Term value dan brightness merujuk pada cahaya dan kualitas kegelapan
warna. Cahaya warna (tints) adalah nilai tertinggi.


Kombinasi Warna
Beberapa Kombinasi Warna :
1. Warna Akromatik
Akromatik adalah warna kombinasi antara gelap dan terang. Kombinasi warna ini banyak dipakai untuk surat kabar atau fotografi. Biasanya warna ini disebut grayscale.



2. Warna Monokrom
Adalah  salah  satu  warna  gelap  yang  dipadukan  dengan gelap  dan  terang.  Disebut  monokrom  karena  hanya  satu warna yang dipilih. Kombinasi warna ini sangat sederhana, tidak terlalu banyak risiko gagal dalam kombinasi sehingga mudah  diterima  mata.  Namun  demikian  kombinasi  ini cenderung membosankan dan mudah ditinggalkan


3. Warna Warm-Cool
Adalah  warna  yang  menggambarkan  kehidupan  di  alam.
 Warna  ini  tampak  tebal  dan  energik.  Warna  worm  bersandar kepada  ruang.  Warna  ini  seringkali  digunakan  untuk menggambarkan kesan alam.


4. Warna Analog
Warna  artistik  yang  harmonis  kombinasi  dari  campuran  bersama,  warna  hue  yang  bersebelahan,  sehingga cenderung  lebih  harmonis  dan  hidup.  Kombinasi  ini  lebih  berani  dan  mudah  diterima  mata.  Namun  warna  ini kurang hidup, kurang cerah dan tidak kontras. Contoh warna analog padang pasir Arizona.


5. Warna Komplementer
Warna  Komplementer  adalah  warna  yang  berlawanan  satu  dengan  yang  lain  dari  color  wheel,  yang dikombinasikan dengan gelap dan terang. Warna ini kontras tetapi berbeda intensitas antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu warna komplementer membutuhkan perhatian bila digunakan. Jika  tidak  berhasil  mengga-bungkannya  maka  warna  terlihat  tidak matching.

6. Warna Triadik
Warna  Triadik  adalah  warna  dengan  energi  tinggi  yang  diperoleh menggunakan  tiga  warna  pilihan  yang  tersebar  di  120  derajat  pada color wheel. Warna primer dan sekunder adalah contoh warna triadic.
7. Warna di Komputer
Di  dunia  komputer  ada  banyak  sistem  warna,  antara  lain  RGB  (RedGreen-Blue),  CMYK  (Cyan-Magenta-Yellow-Black),  LAB  Color (lightness  A  (Green-red  axis)  B(blueyellow  axis)),  HLS  (HueLightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.

Berdasarkan  fungsinya,  aplikasi  warna  di  layar  komputer dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. warna additive
Warna additive digunakan untuk desain tampilan di layar monitor, tidak untuk kebutuhan cetak. Di antara sistem warna  additive  adalah RGB, LAB Color dan HLS. Desain  yang menggunakan model warna  additive, misalnya game, wallpaper, web dan video.
b. warna subtractive.
Warna  ini  merupakan  perpaduan  beberapa  warna  primer.  Warna  subtractive  digunakan  untuk  kebutuhan  cetak.
Sistem  warna  yang  digunakan  adalah  CMYK.  Sistem  warna  ini  berasal  dari  tiga  warna  primer  dan  perpaduan
ketiganya menghasilkan warna hitam.

0 coment�rios: