Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas Tanpa Batas

1. Garis (Line) Garis   adalah   sekumpulan   titik   yang   berdampingan   secara   memanjang   dan   memanjang   dan   memil...

5 UNSUR SENI SANGAT PENTING DALAM PEMBENTUKAN KOMPOSISI ESTETIS






1. Garis (Line)
Garis  adalah  sekumpulan  titik  yang  berdampingan  secara  memanjang  dan  memanjang  dan  memiliki  dua  buah ujung. Garis tidak seperti yang dilihat mata atau penglihatan. Pada dasarnya garis adalah ilusi optic, yang tercipta karena perbedaanwarna, jarak, dan cahaya. Garis dalam desain grafis dibagi menjadi :
a.  vertikal,
b.  horisontal,
c.  diagonal,
d.  Kurva


2. Bentuk
Bentuk  merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi oleh warna  yang  berbeda  atau  oleh  perbedaan  dalam  pencahayaan,  gelap  terang,  arsiran  atau  disebabkan  adanya tekstur tertentu

3. Ruang

Dalam dasar grafis, ruang kosong pun diperlukan. Ruang kosong digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan keberadaan  persepsi  kedalaman  atau  jarak  sehingga  seolah-olah  terlihat  oleh  indera  penglihatan  mata,  objek terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, kosong dan padat.

4. Tekstur
Tekstur  adalah elemen desain yang terlihat dan terasa seolah-olah ada rasa permukaan, yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik, seperti kusam, kasar, mengkilap, kontras, kayu dan bulu. Tekstur digunakan supaya desain lebih natural atau tampak alami.


5. Warna
Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Di samping itu warna memiliki dampak sugesti tersendiri di berbagai kebudayaan Dari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma.

 
 


0 coment�rios: